Membuat Jaringan Ad hoc Di Windows 10

Jaringan Ad hoc termasuk dari salah satu jenis Wireless Local Area Network (WLAN) jaringan ini terdiri dari beberapa node yang saling berkomunikasi secara langsung satu sama lain, biasanya jaringan ini sering dibuat oleh para gamers yang ingin bermain game multiplayer, namun bukan hanya digunakan untuk bermain game, tapi anda juga dapat menggunakan jaringan ad hoc untuk sharing file satu sama lain.
Dan salah satu tablet/ laptop yang sudah menggunakan windows 10 adalah ASUS T101HA dan juga Asus T303UA yang sudah terbukti bagus di kelasnya dengan desain yang menarik cocok untuk anda yang ingin bekerja dengan tampilan keren.
Seperti windows sebelumnya, yakni windows 8, pada windows 10 juga masih tidak memiliki fitur untuk membuat jaringan ad hoc. Berbeda dengan windows 7 yang mana kita dapat dengan mudah membuat jaringan ad hoc. Buat anda yang menggunakan windows 8, 8.1, dan 10 jangan khawatir, berikut ini saya share cara membuat jaringan ad hoc di windows 10 :
  • Buka Command Prompt (CMD).
  • Setelah itu ketikkan perintah “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_SSID key=PASSWORD”
  • Setelah memasukkan perintah diatas, maka selanjutnya tugas kita adalah menjalankan virtual hostednetwork menggunakan perintah “netsh wlan start hosted network”.
  • Pastikan pada Windows Network Connection sudah muncul adapter baru yang labelnya Local Area Network*12, seperti gambar di bawah ini.

 

  •  Setelah itu share hostednetwork tadi dengan cara :
    1. Klik kanan Local Area Network*12, pilih properties.
    2. Setelah itu pilih tab Sharing, lalu berikan ceklist pada Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection.
Sekian dulu tutorial membuat jaringan adhoc di windows 10, semoga bermanfaat ^_^.